KINERJA PELAYANAN PUBLIK PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) SEMEMI SURABAYA

  • Priyo Utomo STIE PEMUDA Surabaya
  • Syamsul Arifin STIE PEMUDA Surabaya
  • Nuryadi Nuryadi STIE PEMUDA Surabaya
Keywords: Kinerja Pelayanan Publik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Publik

Abstract

Penelitian yang berjudul Kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Sememi Surabaya ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sememi Surabaya.

Peneliti menggunakan Metode deskriptif  kuantitatif untuk menggambarkan pelayanan publik di Puskesmas Sememi Surabaya.  Fokus penelitian didasarkan pada sembilan Indikator yang meliputi: 1) Responsivitas, 2) Responsibilitas, 3) Akuntabilitas, 4) Empati, 5) Efektivitas, 6) Produktivitas, 7) Efisiensi, 8) Kepuasan, 9) Keadilan. Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Responden yang diberi pertanyaan berkaitan dengan fokus penelitian adalah 52 orang pegawai Puskesmas Sememi Surabaya.

Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari aspek proses yang diukur melalui indikator responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, dan empati termasuk dalam kriteria tinggi. Kinerja Puskesmas Sememi Surabaya jika dilihat dari aspek hasil yang diukur melalui indikator efektivitas, produktivitas, efisiensi, kepuasan dan keadilan termasuk dalam kriteria sedang. Secara keseluruhan kinerja organisasi Puskesmas Sememi Surabaya termasuk dalam kriteria rendah.

Published
2018-09-28