PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA (Studi Kasus Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik)

  • Priyo Utomo STIE PEMUDA
  • Imam Mursyid
  • Syamsul Arifin
Keywords: Pembersayaan Karang Taruna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pemberdayaan Karang Taruna Sinar Muda di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu tujuan pemberdayaan yang berdasarkan pada Permensos No 23 Tahun 2013 beberapa tahapannya yaitu persiapan pemberdayaan, pelaksanaan pemberdayaan, sampai pada pendayagunaan lanjutan.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia Karang Taruna Sinar Muda di Desa Ngabetan dimulai dari sosialisasi program. Selanjutnya adanya pemberian motivasi kepada Anggota Karang Taruna tentang pentingnya pelatihan yang nantinya akan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi. Selain itu dengan adanya pendayagunaan lanjutan dalam hal memberikan wewenang kepada anggota Karang Taruna Sinar Muda untuk melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan. Untuk meningkatkan kelembagaan Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan dimulai dengan tahapan perencanaan pemberdayaan dalam bentuk perekrutan. Selanjutnya kegiatan pemberdayaan dimulai dengan pembentukkan awal kepengurusan. Kemudian dalam tahapan pendayagunaan lanjutan, perangkat desa memberikan wewenang kepada ketua Karang Taruna Sinar Muda untuk melakukan pembentukan kepengurusan baru dengan berbagai pengembangan divisi yang ada.

Untuk mengembangkan aktivitas karang taruna memerlukan beberapa proses atau tahapan yang tidak mudah seperti halnya harus mensinergikan antara program kerja Desa dengan program kerja yang dilakukan oleh pihak Karang Taruna Sinar Muda. Peningkatkan sarana prasarana untuk kegiatan Karang Taruna Sinar Muda membutuhkan proses yang tidak mudah, mulai dari pengajuan yang nantinya akan dibawa ke Musyawarah Desa, sampai pada kesepakatan untuk menggunakan sarana prasarana yang ada untuk melakukan kegiatan yang sudah diprogramkan. Adanya upaya untuk meningkatkan jejaring antara Karang Taruna Sinar Muda dengan pihak diluar desa, akan tetapi belum maksimalnya jaringan atau mitra yang ada di desa.

Published
2018-12-01