PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PABRIK GULA

  • Ngadianto Ngadianto Kediri
Keywords: lingkungan kerja, motivasi, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja pegawai Pabrik Gula PG. Lestari Kertosono. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Lingkungan kerja dan Motivasi secara bersama-sama dan parsial berpengaruh siginfikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Pabrik Gula PG. Lestari Kertosono.

Unit analisis dalam penelitian ini adalah para Pegawai Pabrik Gula PG. Lestari Kertosono sebanyak 42 pegawai. Sampel diambil berdasarkan sensus sampling. Sampel penelitian sebanyak 42 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dengan menggunakan skala likert sebagai alat ukurnya. Data dianalisis dengan menggunakan Regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17.0.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa Lingkungan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja Pegawai pada  Pabrik Gula Lestari di Kertosono. Pengaruh kedua variable  tersebut pada kinerja pegawai  sebesar 62.7%, oleh karena itu kinerja pegawai  sebesar 37.3 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa Secara parsial lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja Pegawai pada  Pabrik Gula Lestari di Kertosono. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Motivasi kerja memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai  pada Kantor pabrik gula Lestari di Kertosono.

Published
2017-12-21