ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN IKAN ASAP DI KECAMATAN WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE

  • Endang Sumiratin Universitas Lakidende
  • Sarty Syarbiah
Keywords: Analisis Pendapatan, Usaha Pengolah Ikan Asap, Analisis Kelayakan

Abstract

Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah para pelaku usaha pengolah ikan asap dalam menjalankan usahanya. Pelaku usaha pengolah ikan asap di Kecamatan Wawotobi adalah industri kecil atau industri Rumah Tangga dimana modal yang mereka peroleh adalah modal sendiri, dengan kondisi sosial ekonomi yang berbeda-beda, sehingga pendapatan yang diperoleh pedagang satu dengan pedagang lainnya berbeda-beda pula, baik dari segi usaha maupun dari segi produksi yang diperoleh.

Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara langsung (purposive). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah :Identitas responden meliputi : umur, pendidikan formal, pengalaman berusaha dan jumlah tanggungan keluarga. Pendapatan meliputi : besarnya penerimaan dan biaya usaha yang dikeluarkan.      

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1. Penerimaan rata-rata usaha pengolahan ikan asap yang dilakukan  di Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe rata-rata sebesar Rp. 20.336.646,- setiap produksi dalam 1 bulan, dan biaya rata-rata yang dikeluarkan dalam usaha pembuatan ikan asap sebesar Rp. 15.247.098,- serta pendapatan rata-rata yang diperoleh sebesar Rp.5.089.548,-. 2. Usaha pengolahan ikan asap layak dikembangkan karena mempunyai R/C = 1,3 artinya setiap penggunaan biaya Rp. 1.000,- maka akan diperoleh penerimaan Rp. 333,- layak diusahakan/ menguntungkan

Published
2018-12-01