ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBAYARAN PBB OLEH MASYARAKAT DI DESA LABAN KECAMATAN MENGANTI – KABUPATEN GRESIK

  • Waloyo Waloyo STIE YAPAN Surabaya
  • Rohmah Kurniawati STIE Yapan Surabaya
  • Priyo Utomo STIE Pemuda Surabaya
Keywords: Pembayaran PBB, Analisis Faktor – Faktor Pembayaran PBB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penyuluhan PBB (X1), Pelayanan Administrasi (X2) dan Tempat pendaftaran (X3) terhadap Pembayaran PBB (Y) di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik secara simultan maupun parsial, serta mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi pembayaran PBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sejumlah 120 orang. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji hipotesis adalah uji F dan uji t.

Hasil uji validitas menunjukkan semua item kuesioner valid dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa item kuesioner reliabel. Sedangkan analisis regresi linier menunjukkan bahwa ada hubungan kausalitas antara variabel bebas dengan variabel terikat.

Uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel penyuluhan PBB (X1), Pelayanan Administrasi (X2) dan Tempat pendaftaran (X3) berpengaruh signifikan terhadap Pembayaran PBB (Y) dengan variabel tempat pembayaran PBB (X3) memiliki pengaruh paling dominan.

Published
2018-12-01