ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK TABUNGAN BRITAMA

(Studi Kasus di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), di Denpasar Bali)

  • Nova Kartikasari Surabaya
Keywords: sikap konsumen, britama

Abstract

Perbankan pada dewasa ini harus bersaing dengan ketat untuk memperoleh tanggapan positip terhadap produk perbankan secara umum, termasuk produk tabungan. Atribut yang melekat pada produk tabungan merupakan daya tarik kepada konsumen untuk ikut dalam program produk tabungan tersebut. Hal yang sama dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dengan mengeluarkan produk tabungan Britama sebagai bentuk baru dari tabungan Tabanasbri. Sikap konsumen diyakini sebagai indikator terhadap perilaku yang akan dating. oleh karena hal itu, bank harus mempelajari sikap konsumen terhadap produk tabungan. Selain itu, semakin positif sikap konsumen terhadap produk tabungan bank maka semakin besar kemungkinan konsumen bersangkutan ikut serta dalam program tabungan bank.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden konsumen tabungan perbankan. Responden terdiri dari 50 orang responden tabungan Britama dan 50 orang responden tabungan non-Britama (tabungan bank lainnya). Metode pengambilan sampel digunakan metode purposif (purposive). Kriteria pengambilan sampelnya adalah usia responden 40 tahun atau kurang. Indeks sikap diukur dengan model sikap terhadap perilaku Fishbein (Ab).

Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Konsumen tabungan Britama memiliki sikap positif terhadap tabungan Britama, indeks sikap (Ab) 109,46 sementara konsumen non-Britama (tabungan bank lainnya) memiliki sikap positif terhadap produk tabungan bank, indeks sikap (Ab) 200,82, (2) Ada perbedaan sikap terhadap produk tabungan bank antara konsumen tabungan Britama dan non-Britama (tabungan bank lainnya) (Z = -4,58 ‹ -Z 0,025 = -1,96), (3) Ada pengaruh positif yang lemah sikap konsumen tabungan Britama terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan. Persamaan regresinya Y = 9,241 + 0,027X

Published
2017-12-21