ANALISIS PENGARUH PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR KARYAWAN TERHADAP STRES KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA, Tbk SURABAYA

  • Rohmah Kurniawati STIE YAPAN Surabaya
  • Waloyo Waloyo STIE Yapan Surabaya
  • Priyo Utomo STIE Pemuda Surabaya
Keywords: Penyelesaian Konflik, Stress Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Konflik, perselisihan, dan pertentangan dapat terjadi dimana saja, kapan saja, antar siapa saja dan menyangkut hal apa saja, sehingga konflik pun dapat terjadi ditempat kerja. Dalam lingkungan kerja, konflik antar karyawan yang terjadi sebaiknya diselesaikan dengan baik karena konflik yang dapat diselesaikan akan menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kinerja karyawan.

Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelesaian konflik antar karyawan terhadap stres kerja dan kinerja karyawan pada PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian maka teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.01. Variabel pada penelitian ini adalah penyelesaian konflik antar karyawan yang terdiri dari : variabel kerjasama, variabel bersaing, variabel menghindar, variabel akomodasi dan variabel kompromi, sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah variabel stres kerja dan variabel kinerja karyawan.

Data yang digunakan didasarkan pada hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden, responden pada penelitian ini adalah karyawan PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya. Analisis hasil pengujian Goodness-Of Fit Index, menunjukkan data mempunyai kecocokan yang baik dengan model penelitian dengan hasil Chi Square = 154,229 dan koefisien determinan ( R2 ) dalam model SEM ditunjukkan oleh nilai AGFI = 0,792 yang masih berada di bawah Cut Off Value, namun sudah dapat dikatakan bahwa model sudah Fit dalam uji model SEM. Model menunjukkan terdapat pengaruh langsung antara variabel kerjasama, bersaing, menghindar, akomodasi dan kompromi terhadap stres kerja dan kinerja karyawan.

Karyawan PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya lebih menyukai penyelesaian konflik dengan cara Kompromi hal ini didasarkan pada perhitungan dari data yang diolah bahwa penyelesaian konflik antar karyawan dengan cara ini memberikan kontribusi terbesar dalam menurunkan stres kerja, sedangkan penyelesaian konflik antar karyawan dengan cara bersaing memberikan kontribusi terbesar terhadap kinerja karyawan. Karyawan menganggap bahwa kedua cara ini dianggap sebagai cara yang efektif dalam menciptakan hubungan kerja dan terciptanya keharmonisan dalam berorganisasi.

Published
2018-12-01