PENGARUH THE PUBLIC GOOD DAN KNOWLEDGE SELF-EFFICACY TERHADAP NIAT KONSUMEN MELAKUKAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) (Studi pada Pengguna Kaskus di Indonesia)

  • Nurul Hafizah Universitas Telkom
  • Maya Ariyanti Universitas Telkom

Abstract

Kemajuan jaringan internet WWW mampu memberikan pilihan informasi mengenai suatu produk, memungkinkan adanya sebuah komunikasi word-of-mouth yang tidak hanya menjadi sebuah bentuk komunikasi person-to-person namun juga memberikan kesempatan untuk merambat secara mendunia melalui media online yang biasa dikenal dengan Electronic Word of Mouth (e-WOM). Komunikasi e-WOM dapat dilakukan melalui online opinion platforms atau discussion forums, salah satunya adalah Kaskus.


Dalam tulisan ini, penulis fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen melakukan e-WOM di Kaskus. Penulis mengidentifikasi motif utama dari niat eWOM konsumen yaitu Egoisme (reputasi dan timbal balik), Collectivism (rasa memiliki), Altruism (kenikmatan membantu), Prinsiplism (prinsip moral) dan Knowledge Self-Efficacy.


Penulis menguji model penelitian dengan sampel 100 pengguna/member Kaskus di Indonesia. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS 3 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 27.9% varians dengan kenikmatan membantu, rasa memiliki dan reputasi berhubungan positif dengan niat konsumen melakukan e-WOM.

Published
2019-01-31
How to Cite
HAFIZAH, Nurul; ARIYANTI, Maya. PENGARUH THE PUBLIC GOOD DAN KNOWLEDGE SELF-EFFICACY TERHADAP NIAT KONSUMEN MELAKUKAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) (Studi pada Pengguna Kaskus di Indonesia). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 16-28, jan. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/175>. Date accessed: 24 apr. 2019.