ANALISIS KINERJA DAN KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI DENGAN METODE DU PONT SYSTEM DAN MODEL ALTMAN Z-SCORE

  • Dyah Ajeng Mulatsih Telkom University
  • Irni Yunita Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan kesehatan keuangan perusahaan pada industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Adapun metode yang digunakan adalah metode Du Pont System dan model Altman Z-Score. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan oleh BEI.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : PT. Merck Tbk memiliki rata-rata ROI, NPM, TATO dan Z-Score tertinggi dibanding perusahaan lain. Sedangkan perusahaan lainnya yaitu PT. Darya Varia Laboratoria Tbk, PT. Pyridam Farma Tbk dan PT. Tempo Scan Pacific Tbk memiliki nilai rata-rata ROI, NPM dan TATO yang cukup baik. Ditinjau dari model Altman Z-Score keenam perusahaan yang diteliti memiliki rata-rata kategori sehat, walaupun PT. Indofarma (Persero) Tbk dan PT. Merck Sharp Dohme Pharma Tbk sempat berada pada kategori abu-abu pada tahun tertentu.

Published
2019-01-31
How to Cite
MULATSIH, Dyah Ajeng; YUNITA, Irni. ANALISIS KINERJA DAN KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI DENGAN METODE DU PONT SYSTEM DAN MODEL ALTMAN Z-SCORE. Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 44-56, jan. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/178>. Date accessed: 17 feb. 2019.