ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL ATTITUDE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDUNG

  • Audry Pusparani Telkom University
  • Astrie Krisnawati Universitas Telkom

Abstract

Dalam kehidupan modern saat ini, uang merupakan suatu benda yang sifatnya sangat vital. Pengelolaan terhadap sumber keuangan yang efektif sangat diperlukan individu untuk dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat dan bijak. Saat ini perilaku konsumtif sudah mempengaruhi para remaja di Indonesia. Pasalnya, para produsen menjadikan remaja sebagai pasar potensial mereka. Sifat remaja yang selalu ingin eksis di lingkungannya juga tidak dapat dihindarkan sehingga mereka lebih memilih untuk membeli barang yang mereka inginkan, bukan yang mereka butuhkan.


Pada penelitian ini, kuesioner disebarkan kepada 400 orang responden yang terdaftar pada 9 Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui kategori masing-masing variabel. Uji regresi linear berganda untuk menguji pengaruh, t-test dan f-test digunakan untuk menguji hipotesis.


Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa financial literacy berpengaruh signifikan terhadap financial behavior secara parsial, begitupun halnya dengan financial attitude. Secara simultan, financial literacy dan financial attitude juga berpengaruh terhadap financial behavior.

Published
2019-01-31
How to Cite
PUSPARANI, Audry; KRISNAWATI, Astrie. ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL ATTITUDE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDUNG. Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 72-83, jan. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/181>. Date accessed: 24 apr. 2019.