UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA PADA POKOK BAHASAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PELAIHARI

  • Kinanti Rahayu SMP 2 Pelaihari
Keywords: prestasi belajar, Metode jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar seni budaya pada pokok bahasan menggambar ilustrasi dengan diterapkannya metode jigsaw pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pelaihari, untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar seni budaya pada pokok bahsan menggambar ilustrasi dengan diterapkannya metode jigsaw pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pelaihari.

Penelitian ini berjenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Menurut Suharsimi Arikunto, dkk. (2012:3) mengartikan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Suharsimi Arikunto, dkk. (2012: 16) menjelaskan bahwa dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pelaihari. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas VIII yang berjumlah 26 orang siswa.

Berdasarkan hasil Penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar seni budaya pada pokok bahasan menggambar ilustrasi. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa disetiap siklusnya, pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 69.23% dan nilai rata-rata sebesar 76.6,  pada siklus II ketuntasan sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 89.26. Dengan menerapkan metode jigsaw berdampak positif pada aktivitas belajar siswa. hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 73.75, siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 90,75.

Published
2018-01-06