FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EXPERIENCE TEHADAP BRAND LOYALTY PADA IPHONE INDONESIA

  • Nur Latifah Telkom University
Keywords: Brand Experience, Brand Love, Brand Trust, Brand Identification, Brand Loyalty

Abstract

Alat  komunikasi  canggih  atau  yang  terkenal  dengan smartphone,  saat  ini sudah  menjadi  kebutuhan  bagi  sebagian  besar  orang. Dengan banyaknya perusahaan smartphone yang ada di Indonesia menyebabkan konsumen lebih sadar akan merek yang ada dan mengenalinya sesuai dengan kebutuhan. Salah satu smartphone flagship yang dikenal konsumen adalah iPhone.

Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara brand experience (sensory experience, intellectual experience, behavioral experience) terhadap brand loyalty (behavioral loyalty, attitudinal loyalty).

Hasil penelitian menyatakan bahwa seluruh dimensi brand experience berpengaruh positif signifikan terhadap brand love dan brand trust . Brand love dan brand trust berpengaruh positif signifikan terhadap seluruh dimensi brand loyalty. Brand love memediasi secara signifikan hubungan antara seluruh dimensi brand experience dengan seluruh dimensi brand loyalty kecuali dimensi brand experience (intellectual experience) dengan brand loyalty (attitudinal loyalty). Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara seluruh dimensi brand experience dengan brand love dan brand trust. Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand love dan seluruh dimensi brand loyalty. Brand identification memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand trust dan behavioral loyalty. Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand trust dan attitudinal loyalty.

Published
2019-02-01