ANALISIS PERSEPSI KUALITAS DAN NILAI DI BANK SYARI’AH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus di Jawa Barat)

  • Ghina Atikah Zahra Telkom University

Abstract

Industri perbankan merupakan salah satu industri pokok yang harus ada dan dibutuhkan oleh banyak lapisan masyarakat. Penelitian ini mengenai pengaruh persepsi masyarakat terhadap keputusan menabung pada perbankan syariah di Jawa Barat. Objek penelitian adalah masyarakat yang menabung pada Bank Syariah di Jawa Barat dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 385 responden. Penelitian ini menggunakan model analisis SEM LISREL. Saat dilakukan pengujian hipotesis penelitian melalui model struktural, menghasilkan Persepsi Kualitas (X1) dan Persepsi Nilai (X2) memberi pengaruh sebesar 62,3% terhadap Keputusan menabung (Y). Berdasarkan koefisien jalur, variabel yang berpengaruh dominan dalam menjelaskan Keputusan Menabung (Y) secara berurutan adalah Persepsi nilai (X2) sebesar 0,515 (39,7%), kemudian  Persepsi Kualitas (X1) sebesar 0,305 (22,5%). Maka hal ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, dan persepsi nilai pun berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah.

Published
2019-02-01
How to Cite
ZAHRA, Ghina Atikah. ANALISIS PERSEPSI KUALITAS DAN NILAI DI BANK SYARI’AH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus di Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 163-174, feb. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/197>. Date accessed: 24 apr. 2019.