PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA ST. CAROLUS

  • Bonefasius Berdi SMA St. Carolus Surabaya
Keywords: Motivasi, Kompensasi, Prestasi Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap Prestasi Kerja. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian penjelasan artinya bahwa penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan  antar variabel dan menguji kebenaranya. Sampel dalam penelitian ini adalah guru di SMA ST Carolus. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang berikan kepada responden. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan SPSS.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMA ST. Carolus. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk motivasi yang memiliki tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Demikian pula kompensasi juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk kompensasi yang memiliki tingkat signifikansi kurang dari 0,05.

Motivasi dan kompensasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru. Tingkat keberpengaruhan motivasi dan kompensasi terhadap prestasi kerja ditunjukkan oleh koefisien determinasi.

Published
2019-02-01