EVALUASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MBTI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS TELKOM)

  • Dhea Alyani Universitas Telkom
  • Astri Ghina Universitas Telkom

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat tingkat kesenjangan harapan mahasiswa dengan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan kurikulum kewirausahaan yang berdampak pada pengukuran kompetensi wirausaha mahasiswa MBTI 2015 yang sudah menyelesaikan proses pembelajaran kewirausahaan. Hasil dari penelitian akan menjadi umpan balik untuk prodi MBTI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 231 mahasiswa/responden. Kuesioner yang digunakan memiliki beberapa pernyataan dengan skala likert 7 titik. Teknik pada penelitian ini adalah teknik non-probability dengan convience sampling. Hasil penelitian ini menyatakan berdasarkan analisis deskriptif, kompetensi wirausaha mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran pendidikan kewirausahaan berada dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 78%, ini menunjukan bahwa mahasiswa setuju memiliki kompetensi tersebut walapun terjadi kesenjangan pada kurikulum pendidikan kewirausahaan yaitu sebesar -0,370. Setiap dimensi rencana pembelajaran mata kuliah memiliki gap yang negatif karena nilai harapan berada diatas nilai persepsi pelanggan. Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program studi MBTI harus membenahi kinerjanya agar meminimalisir kesenjangan antara harapan dan persepsi.

Published
2019-03-04
How to Cite
ALYANI, Dhea; GHINA, Astri. EVALUASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MBTI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS TELKOM). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 175-185, mar. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/199>. Date accessed: 25 mar. 2019.