DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA DENGAN VARIABEL PEMEDIASI CREATIVE SELF-EFFICACY

  • Anne Rumondang Malau Universitas HKBP Nommensen
  • Gloria Sianipar Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Penelitian ini menguji dan menganalisa dampak dari gaya kepemimpinan transformasional, transaksional dan orientasi pembelajaran pada kreativitas mahasiswa dengan menguji peran mediasi creative self efficacy. Penelitian dilakukan pada 110 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen yang mana, dalam proses pembelajaran hasil akhir yang diharapkan adalah mahasiswa memiliki pola pikir yang kreatif yang nantinya dapat menghasilkan output yang inovatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi survei menggunakan kuesioner. Informasi terkait variabel independen, yaitu kreativitas mahasiswa dikumpulkan melalui dosen yang mengajar di kelas responden tersebut (mahasiswa), hal ini dilakukan supaya tidak terjadi bias dalam melakukan penilaian yang objektif terhadap variabel yang diamati. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan LISREL. Model Pengukuran merupakan Confirmatory factor analysis untuk setiap variabel dan Model Struktural untuk melihat hubungan antar variabel yang diamati. Hasil analisis menunjukkan bahwa dosen yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional dimediasi oleh creative self efficacy mahasiswa akan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas mahasiswa.

Published
2019-03-04
How to Cite
MALAU, Anne Rumondang; SIANIPAR, Gloria. DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA DENGAN VARIABEL PEMEDIASI CREATIVE SELF-EFFICACY. Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 186-200, mar. 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/200>. Date accessed: 25 mar. 2019.