PENGARUH ‘APPSCAPE’ TERHADAP ADOPSI APLIKASI MOBILE DAN M-LOYALTY PADA PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA DI INDONESIA

  • Zelda Wildhania Basuki student
  • Indira Rachmawati Universitas Telkom
Keywords: Appscape, M-Loyalty, Travel Application, M-commerce, SEM-PLS

Abstract

Perbelanjaan produk dan jasa sudah bisa dilakukan dalam belanja online serta pengembangan teknologi bisa menunjang belanja online dalam mobile phone. Salah satunya adalah aplikasi belanja travel online, Traveloka sebagai penguasa belanja travel online dengan pengunduhan aplikasi tertinggi mempunyai peluang dan potensi besar dimasa depan untuk lebih berkembang lagi dan mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.
Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh ‘Appscape’ terhadap Adopsi Aplikasi Mobile dan M-Loyalty pada pengguna Aplikasi Traveloka di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada semua pengguna aplikasi Traveloka di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif, menyebarkan kuisioner kepada 400 responden. Menggunakan skala likert dengan jenis quota sampling. Teknik analisis data dengan Structural Equation Model diolah dengan SmartPLS versi 3.0.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 6 item hipotesis yang ditolak dan 17 item hipotesis yang diterima. Saran dari penelitian ini yaitu perceived enjoyment dan perceived ease of use menjadi prioritas utama untuk dikembangkan oleh perusahaan pada aplikasi Traveloka.

Published
2019-05-04