KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS P3AKB KABUPATEN BOJONEGORO DITINJAU DARI PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMUNIKASI

  • Anita Erviana Universitas Wijaya Putra
  • Mei Indrawati Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro
  • Hidayat Hidayat Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro
Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Kepuasan Kerja Pegawai Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro Ditinjau dari Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komunikasiâ€. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah untuk Mendeskripsikan kepemimpinan, motivasi kerja, komunikasi dan kepuasan kerja di Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro. Mengetahui dan Menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan komunikasi secara simultan dan parsial terhadap kepuasan kerja pegawai di Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan total sampling adalah teknik penentuan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel kepemimpinan, motivasi kerja dan komunikasi Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro dalam kategori baik. Secara simultan variabel kepemimpinan, motivasi belajar, sarana dan prasarana mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro dengan memberikan kontribusi sebesar 56.4% terhadap Prestasi belajar Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro.

Published
2019-05-04