ANALISIS SEMANGAT KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN BOJONEGORO

  • Dadang Aris Subiantoro Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra
  • Sri Hartati Universitas Wijaya Putra
Keywords: Semangat Kerja, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan semangat, lingkungan kerja dan motivasi terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh semangat kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara simultan dan parsial terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini berjenis explanatory research dan Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai sekretariat daerah Bojonegoro yang berjumlah 217 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel semangat kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro dalam kondisi baik. Serta variabel semangat dalam kondisi sangat baik di Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro. Semangat, lingkungan kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro dapat dilihat dari nilaiĀ  R2 = 0.560 yang berarti bahwa 56.0% prestasi kerja dapat dijelaskan oleh semangat kerja, motivasi, lingkungan kerja.

Published
2019-05-04