PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (e-Commerce) TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat)

  • Dini Setyorini Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ety Nurhayati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rosmita Rosmita Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. UMKM mampu menjadi prioritas atau tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan untuk mengurangi masalah kemiskinan dan pengangguran, selain itu UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Realita dilapangan menunjukan bahwa, kebanyakan UMKM di Indonesia, memiliki beberapa permasalahan yang sama, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang pemasaran, disebabkan oleh terbatasnya informasi yang dijangkau oleh masyarakat mengenai UMKM tersebut. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang menguji teori – teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel.


Berdasarkan pembahasan dan analisis mengenai pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM pengelolaan besi di Ciampea Jawa Barat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel e-commerce (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel pendapatan (Y) UMKM pengelolaan besi di Ciampea Jawa Barat. Dengan dibuktikan nilai signifikan e-commerce secara parsial dari uji signifikan parametik individual (uji t) sebesar 0,000 < dari α=0,05. Sementara dari hasil analisis diketahui nilai thitung yaitusebesar 4,070 > dari t tabel 2,009.

Published
2019-05-31
How to Cite
SETYORINI, Dini; NURHAYATI, Ety; ROSMITA, Rosmita. PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (e-Commerce) TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 5, p. 501-509, may 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/228>. Date accessed: 26 june 2019.