ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAKORWIL BOJONEGORO

  • Vivit Nurhidayah Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra
  • C. Sri Hartati Universitas Wijaya Putra
Keywords: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Budaya Organisasi

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan motivasi, disiplin kerja, budaya organisasi dan kinerja pegawai di Bakorwil Bojonegoro. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, disiplin kerja, budaya organisasi secara simultan dan pasrsial terhadap kinerja pegawai di Bakorwil Bojonegoro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Bakorwil Bojonegoro yang berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara total atau menggunakan metode sensus sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah berbentuk regresi linier berganda (multiple regression linier) dengan bantuan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel motivasi kerja, Disiplin kerja, Budaya organisasi dan kinerja pegawai pada Bakorwil di Bojonegoro semuanya dalam kategori baik. Motivasi kerja, Disiplin kerja dan Budaya organisasi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Bakorwil di Bojonegoro. Variabel motivasi kerja, Disiplin kerja dan Budaya organisasi pada penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 36.3% terhadap kinerja pegawai Bakorwil di Bojonegoro.

Published
2019-05-31