KEPUASAN KERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN BOJONEGORO DITINJAU DARI ASPEK KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA

  • Yuseriza Anugerah Leksana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro
  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra
  • Hidayat Hidayat Universitas Wijaya Putra
Keywords: Kepuasan Kerja, Komunikasi, Motivasi, Lingkungan Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja serta kepuasan kerja pegawai di Bappeda Kabupaten Bojonegoro; mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kepuasan kerja pegawai di Bappeda Kabupaten Bojonegoro; serta mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai di Bappeda Kabupaten Bojonegoro.

Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro sebanyak 39 orang dengan jumlah sampel 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian diambil secara total atau menggunakan metode sensus sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik uji statistik melalui alat bantu program SPSS. Untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan analisis dengan teknik Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi komunikasi, motivasi, lingkungan kerja dan Kepuasan kerja di Bappeda Kabupaten Bojonegoro semuanya dalam kategori baik; secara simultan komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja Pegawai Bappeda Kabupaten Bojonegoro. Secara parsial motivasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan kerja Pegawai Bappeda Kabupaten Bojonegoro.

Published
2019-05-31