ANALISIS NIAT PERILAKU PENGGUNAAN E-MONEY BERBASIS CHIP MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT (STUDI KASUS PADA PENGGUNA FLAZZ E-MONEY DI KOTA BANDUNG)

  • Nauval Nurvian Mugni Universitas Telkom
  • Brady Rikumahu Universitas Telkom

Abstract

Flazz merupakan e-money yang diciptakan oleh bank BCA. Jumlah pengguna Flazz dari tahun ke tahun meningkat, namun faktanya jumlah transaksi Flazz masih minim apabila dibandingkan dengan alat elektronik lainya. Selain itu tingkat awareness e-money di Kota Bandung masih minim dibandingkan dengan Jakarta, Medan, dan Semarang.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat perilaku penggunaan Flazz di Kota Bandung dengan menggunakan Model UTAUT yang dimodifikasi oleh penelitian Abrahao et al pada tahun 2016. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik analisis data yaitu teknik analisis deksriptif menggunakan SEM-PLS dengan 400 sampel.


  Hasil yang didapat yaitu performance expectancy, effort expectancy, dan social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap behavioral intention dan perceived cost berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap behavioral intention pada pengguna Flazz e-money di Kota Bandung.

Published
2019-05-31
How to Cite
MUGNI, Nauval Nurvian; RIKUMAHU, Brady. ANALISIS NIAT PERILAKU PENGGUNAAN E-MONEY BERBASIS CHIP MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT (STUDI KASUS PADA PENGGUNA FLAZZ E-MONEY DI KOTA BANDUNG). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 5, p. 614-627, may 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/237>. Date accessed: 25 june 2019.