PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO

  • Oryz Setiawan Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • C. Sri Hartati Universitas Wijaya Putra Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi kerja, budaya organisasi dan kinerja pegawai pada Puskesmas Kapas Kabupaten Bojonegoro, mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh motivasi kerja dan budaya organisasi secara simultan maupun secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, serta mengetahui variabel manakah yang paling dominan terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Kapas Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan  penelitian deskriptif kuantitatif (descriptive quantitative research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguraikan atau menggambarkan tentang sifat-sifat (karakteristik) dari suatu keadaan atau obyek penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan dan analisis data kuantitatif dimana menerangkan hubungan, menguji hipotesa-hipotesa, membuat estimasi serta memperoleh makna dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan dengan menggunakan uji statistik. Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Kapas Kabupaten Bojonegoro.


Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil adalah seluruh populasi pegawai pada Puskesmas Kapas Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 30 orang (sampel jenuh) yang selanjutnya disebut sebagai responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik koesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Sedangkan teknis analisis statistik  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda.


Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa motivasi kerja dan budaya organisasi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, karena nilai F Hitung yang diperoleh sebesar 27,263, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < nilai signifikansi α 0,05. Besarnya konstribusi pengaruh variabel motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai sebesar 64,4% dan sisanya sebesarnya 35,6% ditentukan oleh variabel yang. Secara parsial variabel motivasi kerja dan variabel budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan variabel budaya organisasi memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Kapas Kabupaten Bojonegoro yakni sebesar 0,005.

Published
2019-05-31
How to Cite
SETIAWAN, Oryz; UTARI, Woro; HARTATI, C. Sri. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 5, p. 585-598, may 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/239>. Date accessed: 25 june 2019.