ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND GO-JEK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE SENTIMENT ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING

  • Cindy Septiani Hudaya Universitas Telkom
  • Hanif Fakhrurroja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  • Andry Alamsyah Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini menggabungkan ilmu manajemen dan ilmu big data dalam proses pengerjaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil sentimen konsumen terhadap brand Go-Jek berdasarkan media sosial twitter dan menemukan topik serta kata apa yang dibahas pada sentimen media sosial twitter mengenai brand Go-Jek. Data yang digunakan pada penelitian dini diperoleh dari media sosial twitter dan didapatkan sebanyak 15.721 tweets dari konsumen layanan brand Go-Jek di Indonesia yang aktif pada media sosial twitter. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode big data yaitu sentiment analysis dantopic modelling. Kedua metode tersebut digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yang ditentukan yaitu mengetahui hasil sentimen dan topik yang dibicarakan konsumen Go-jek di media sosial twitter. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa sentimen dan topik yang dibahas konsumen berkaitan dengan brand Go-Jek termasuk pada brand perception positif walaupun ada beberapa sentimen negatif namun lebih mendominasi sentimen yang positif.

Published
2019-07-02
How to Cite
HUDAYA, Cindy Septiani; FAKHRURROJA, Hanif; ALAMSYAH, Andry. ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND GO-JEK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE SENTIMENT ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING. Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 6, p. 664-673, july 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/244>. Date accessed: 21 july 2019.