PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG

  • Ighfa Fahira Yudasella Telkom University
  • Astrie Krisnawati Telkom University
Keywords: Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Siswa SMA

Abstract

Pemberdayaan konsumen melalui literasi keuangan diyakini akan diperlukan untuk mendukung upaya pencapaian stabilitas sistem keuangan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang lebih inklusif. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal e-commerce. Salah satu penyebabnya adalah budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi. Salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang konsumtif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat literasi keuangan dan tingkat perilaku konsumtif, juga untuk mengetahui apakah terdapapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 400 siswa SMA di Kota Bandung dengan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA di Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,694 > 1,966) dan dengan tingkat signifikansi < 0,005 yaitu 0,000. Melalui uji regresi linier sederhana diperoleh Y’ = 14,746 + 0,405X yang berarti setiap kenaikan 1 tingkat literasi keuangan akan meningkatkan perilaku konsumtif sebesar 0,405 kali. Adapun literasi keuangan memengaruhi perilaku konsumtif sebesar 16% sedangkan 84% lain dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini, tingkat literasi keuangan siswa SMA di Kota Bandung tergolong sedang yaitu 60,37% dan tingkat perilaku konsumtif siswa SMA di Kota Bandung tergolong tidak tinggi yaitu 49,69%.

 

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Siswa SMA

Published
2019-07-02