ANALISA PENERAPAN ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA (STUDI PADA UMKM SUTRA GARUT)

  • Nafisa Farkhiy Aulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom
  • Sisca Eka Fitria Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom

Abstract

Munculnya konsep pemasaran kewirausahaan atau entrepreneurial marketing merupakan respon dari beberapa hasil penelitian yang menunjukkan adanya ketidakcocokan antara teori pemasaran tradisional dengan UMKM. Konsep pemasaran tradisional yang tujuan awalnya dikembangkan untuk perusahaan besar, nyatanya tidak bisa langsung diterapkan pada dunia usaha kecil tanpa adaptasi. Dengan melihat karakteristik yang dimiliki UMKM, maka UMKM memerlukan konsep pemasaran yang lebih sesuai dibandingkan teori pemasaran tradisional.


Pada penelitian ini akan diketahui seperti apa penerapan entrepreneurial marketing dan dampaknya pada UMKM sutra di Garut Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Teknik validitas data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa penerapan pemasaran kewirausahaan pada UMKM sutra Garut belum merata.

Published
2019-07-02
How to Cite
AULIA, Nafisa Farkhiy; FITRIA, Sisca Eka. ANALISA PENERAPAN ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA (STUDI PADA UMKM SUTRA GARUT). Jurnal Mitra Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 6, p. 702-715, july 2019. ISSN 2599-087X. Available at: <http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/249>. Date accessed: 21 july 2019.