PENGARUH PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI KASUS DI KANTOR PT. BALI JAYA TRANSINDO SURABAYA)

  • Rika Indah Sasmita universitas wijaya putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di kantor PT Bali Jaya Transindo Surabaya. Jumlah Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang.

Program dan kegiatan system administrasi perpajakan modern terhadap kepatuhan wajib pajak pada dasarnya meliputi tax service dan tax law enforcement akan lebih banyak mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak. Oleh karena itu tingkat pelayanan masyarakat dan kesadaran wajib pajak menjadi salah satu poin penting dari keseluruhan penelitian system administrasi perpajakan modern ini.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan menggunakan google form. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa system administrasi perpajakan modern dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kantor PT Bali Jaya Transindo Surabaya termasuk dalam kategori baik. Hasil pengujian Hipotesis secara parsial membuktikan bahwa system administrasi perpajakan modern tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak sedangkan secara simultan untuk Kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak dengan nilai koefisien determinasi sebesar 82,4% sedangkan sisanya sebesar 17,6 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2019-11-05