PENGARUH SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP KINERJA KEUANGAN RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI LQ45 PADA PERIODE 2013-2016

  • Zanetta Rahmananda Universitas Telkom
  • Tieka Trikartika Gustyana Universitas Telkom
Keywords: Sustainability Report, ROE, LQ45, Analisis Regresi Linier Berganda

Abstract

Pada zaman globalisasi saat ini, semuanya terus berkembang, termasuk pada sektor bisnis. Penerbitan Sustainability Report (SR) menjadi salah satu upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang akuntabel bagi seluruh pemangku kepentingan. Secara tidak langsung penerbitan Sustainability Report (SR) dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan pemangku kepentingan sehingga akan menjaga hubungan baik dengan perusahaan.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Sustainability Report (SR) aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan terhadap kinerja keuangan Return on Equity (ROE) perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada LQ45 periode 2013-2016. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sustainability Report aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan tidak terdapat pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja keuangan ROE perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada LQ45 periode 2013-2016.

Published
2019-12-31