ANALISIS STRATEGI KOMPETISI ANTARA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB DENGAN MENGGUNAKAN GAME THEORY (STUDI KASUS: MAHASISWA DI PULAU JAWA)

  • Yusuf Budiana Universitas Telkom
  • Fajar Nur Khasanah Universitas Telkom
Keywords: Strategi Kompetisi, Transportasi Online Gojek dan Grab, Teori Permainan

Abstract

Gojek dan Grab merupakan alat transportasi online yang cukup popular dan mendominasi di kalangan masyarakat di Indonesia. Gojek dan Grab merupakan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Sehingga tidak heran apabila keduanya mengalami persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu untuk menciptakan strategi yang optimal diantara keduanya maka persepsi dan preferensi konsumen sangat penting.

Dalam menganalisis persaingan tersebut penulis menggunakan teori permainan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dari penelitian ini merupakan mahasiswa pengguna jasa transportasi online Gojek dan Grab di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa data permainan antara Go-Ride dan Grab Bike memperoleh nilai permainan optimal sebesar 6. Permainan diselesaikan dengan strategi murni pada Go-Ride yakni strategi promosi dengan probabilitas sebesar 6. Sedangkan, untuk Grab Bike menggunakan strategi promosi juga dengan probabilitas sebesar 6. Maka strategi terbaik yang optimal diambil oleh kedua jasa transportasi online Go-Ride pada Gojek dan Grab Bike pada Grab adalah dengan meningkatkan strategi promosi pada masing-masing jasa transportasi.

Published
2020-01-31