ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA DEWASA MUDA DI PROVINSI DKI JAKARTA)

  • Fitra Nurwinda Universitas Telkom
  • Andrieta Shintia Dewi Universitas Telkom
Keywords: Financial Literacy, Financial Distress, Dewasa Muda, DKI Jakarta

Abstract

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Jawa dan Nasional memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta, diimbangi oleh meningkatnya pendapatan masyarakat. Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat DKI Jakarta, menyebabkan gaya hidup masyarakat cenderung konsumtif. Gaya hidup konsumtif yang tidak diimbangi oleh financial literacy dapat mengakibatkan berbagai efek negatif salah satunya adalah stres keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara financial literacy dan financial distress pada Dewasa Muda di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 1.750.102 orang dan sampel terpilih sebanyak 400 orang. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment.

Berdasarkan hasil yang diperoleh, tingkat financial literacy tinggi dan tingkat financial distress sedang. Selain itu, penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif kuat antara financial literacy dan financial distress pada Dewasa Muda di Provinsi DKI Jakarta.

Published
2020-01-31