Pengaruh PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK TOLERANCE DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA USIA PRODUKTIF DI KOTA BANDUNG

  • Ni Putu Priscilia Kartika Dewi Universitas Telkom
  • Astrie Krisnawati Universitas Telkom
Keywords: Financial Literacy, Risk Tolerance, Overconfidence, Kota Bandung

Abstract

Indeks Literasi Keuangan Indonesia masih rendah, karena itu pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan berfokus pada peningkatan literasi keuangan khususnya penduduk yang berusia produktif. Pemilihan jenis investasi akan dipengaruhi oleh toleransi seorang investor terhadap risiko. Tingkat kepercayaan diri seseorang juga akan mempengaruhi dalam keputusan investasinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy, risk tolerance, dan overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi pada usia produktif di kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, data yang digunakan ialah dengan menyebarkan kuisioner kepada masyarakat usia produktif di Kota Bandung dengan total 400 responden.

Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi berganda untuk menjawab hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Financial Literacy, Risk Tolerance, dan Overconfidence berpengaruh signifikan terhadap pengambilan Keputusan Investasi pada usia produktif di Kota Bandung, dan Financial Literacy, Risk Tolerance, dan Overconfidence berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengambilan keputusan investasi pada usia produktif di Kota Bandung.

Published
2020-02-27