PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BENEISH RATIO INDEX

  • Annisa Dida Ramadhani Telkom University
  • Annisa Nurbaiti Universitas Telkom
Keywords: Kecurangan Laporan Keuangan, Fraud Diamond, Beneish Ratio Index

Abstract

Kecurangan laporan keuangan merupakan salah saji pada penyajian laporan keuangan dengan mengurangi bahkan menambah nilai dari beberapa akun secara sengaja. Sehingga informasi yang disajikan menunjukkan bahwa perusahaan mencapai target keuntungan yang ditentukan tiap tahunnya. Tindakan ini dapat menyesatkan para pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial target, nature of industry, perubahan auditor, dan perubahan direksi terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan menggunakan analisis beneish ratio index pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018. Sampel yang digunakan sebanyak 160 sampel dengan menggunakan purposive sampling.

Pengujian menggunakan software SPSS 25, didapatkan hasil secara simultan variabel tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan. Untuk pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel financial target berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan, kemudian variabel nature of industry, perubahan auditor, dan perubahan direksi tidak berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan.

Published
2020-02-27