PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, INTENSITAS MORAL DAN SOSIALISASI ANTISIPATIF TERHADAP TINDAKAN WHISTLEBLOWING

  • Maulid Ulil Barkah Ulil Telkom University
  • Annisa Nurbaiti
Keywords: Tindakan Whistleblowing, Komitmen Organisasi, Intensitas Moral, Sosialisasi Antisipatif

Abstract

Whistleblowing merupakan cara yang efektif dalam pelaporan kasus kecurangan, namun dalam praktiknya terdapat banyak resiko yang harus di terima oleh pelaku whistleblowing yang menyebabkan gagal dilakukannya whistleblowing tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh komitmen organisasi, intensitas moral, dan sosialisasi antisipatif terhadap tindakan whistleblowing. Objek penelitian yang digunakan adalah alumni S1 Akuntansi Telkom University yang lulus pada Tahun 2017-2019. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada alumni S1 Akuntansi Telkom University. Pengumpulan sampel menggunakan teknik insidental sampling, jumalah sampel dari penelitian sebanyak 56 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Dari hasil pengujian menggunakan software SPSS 25, didapatkan hasil secara simultan variabel independen yang terdiri dari komitmen organisasi, intensitas moral, dan sosialisasi antisipatif berpengaruh simultan terhadap tindakan whistleblowing. Untuk pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel komitmen organisasi dan sosialisasi antisipatif tidak berpengaruh parsial terhadap tindakan whistleblowing, kemudian variabel intensitas moral berpengaruh parsial terhadap tindakan whistleblowing.

Published
2020-02-27