PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEMAMPUAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI BAPPEDA KABUPATEN BOJONEGORO

  • Ahmad Fuad Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra
  • Nugroho Mardi W. Universitas Wijaya Putra
Keywords: Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja, Komitmen

Abstract

Organizational citizenship behavior (OCB) dibutuhkan oleh suatu organisasi. Terutama pada dunia kerja yang dinamis dimana tingkat fleksibilitas menjadi sangat kritis. OCB adalah peran pegawai diluar job deskripsinya sehingga mendukung keefektifan kegiatan organisasi (Rose dan Liu, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui deskripsi variabel budaya organisasi, kemampuan kerja, komitmen organisasi, dan organizational citizenship behavior, 2) mengetahui pengaruh budaya organisasi, kemampuan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior, 3) mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior, 4) mengetahui pengaruh kemampuan kerja terhadap organizational citizenship behavior, dan 5) mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behaviorĀ  di Bappeda Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja, Komitmen Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior di Bappeda Kab. Bojonegoro semuanya dalamĀ  kondisi baik, 2) Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja, dan Komitmen Organisasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior di Bappeda Kab. Bojonegoro, 3) Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior di Bappeda Kab. Bojonegoro, 4) Kemampuan Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior di Bappeda Kab. Bojonegoro dan 5) Komitmen Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior di Bappeda Kab. Bojonegoro.

Published
2020-03-30