PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI, PERUBAHAN ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN CIPTAKARYA KABUPATEN BOJONEGORO

  • Mukhlisin Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra
  • Nugroho Mardi W. Universitas Wijaya Putra
Keywords: Komitmen, Perubahan Organisasi, Budaya Organisasi, Efektivitas

Abstract

Organisasi pada dasarnya merupakan suatu rangkaian sistem yang terdiri dari beberapa sistem yang memiliki hubungan secara struktur dan fungsional dalam melaksanakan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan bersama. Kesuksesan dari sebuah organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja dari organisasi tersebut, terutama pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Ciptakarya Bojonegoro yang menghendaki hasil pekerjaan yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi, perubahan organisasi dan budaya organisasi secara simultan dan parsial terhadap peningkatan efektivitas kerja pegawai di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial, variabel komitmen organisasi, perubahan organisasi,dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas kerja di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Ciptakarya. Selain daripada itu, semuanya dalam kategori baik.

Published
2020-04-28