PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN

  • Muhammad Fajar Annisa Nurbaiti
  • Annisa Nurbaiti Universitas Telkom
Keywords: Integritas Laporan Keuangan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan

Abstract

Integritas laporan keuangan merupakan penyajian laporan keuangan secara benar dan jujur tanpa ada yang disembunyikan. Agar informasi bermanfaat, laporan keuangan juga harus andal, informasi dikatakan andal jika informasi tersebut tidak menyesatkan, sehingga pengguna laporan keuangan tidak salah dalam pengambilan keputusan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2014-2018.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan memperoleh 60 unit sampel penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi data panel.

Berdasarkan hasil penelitian, seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap integritas laporan keuangan. Secara parsial kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan komite audit dan ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap integritas laporan keuangan.

Published
2020-07-01