PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK NEW WARDAH EXCLUSIVE SERIES (STUDI KASUS KOTA-KOTA DI JAWA BARAT)

  • Destiana Wulan Amalia Telkom University
  • Dinda Amanda Zuliestiana Universitas Telkom
Keywords: Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, SEM, New Wardah Exclusive Series

Abstract

Perkembangan industri kosmetik di Indonesia memiliki pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya. Wardah sebagai merek kosmetik lokal, berhasil menjadi merek yang paling disukai masyarakat Indonesia. Namun dalam peluncuran produk kosmetik series terbarunya yaitu New Wardah Exclusive Series, diharapkan Wardah dapat menerapkan strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi dan kecerdasan digital di era industri 4.0.

Tujuan dari penelitian adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara karakteristik dari electronic Word of Mouth terhadap minat beli New Wardah Exclusive Series.

Metode kuantitatif digunakan di dalam penelitian ini dengan teknik analisis data Structural Equation Modeling dan penggunaan bantuan software AMOS 24. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden di Kota-Kota Provinsi Jawa Barat yang mengetahui informasi mengenai New Wardah Exclusive Series.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, penulis menemukan semua karakteristik dari eWOM memiliki hubungan positif terhadap minat beli produk kosmetik New Wardah Exclusive Series. yang berarti bahwa dari tujuh hipotesis yang ada semua hipotesis diterima.

 

Published
2020-07-01