FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI ONLINE PADA E-COMMERCE BUKALAPAK

  • Wianadhira Nur Hasna Telkom University
  • Nurvita Trianasari Universitas Telkom
Keywords: E-Commerce, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya internet menjadikan e-commerce semakin marak. E-commerce Bukalapak merupakan salah satu e-commerce asal Indonesia dan menjadi e-commerce dengan peringkat cukup tinggi dalam industri e-commerce di Indonesia. Persaingan yang ketat menjadikan tiap e-commerce di Indonesia harus memiliki keunggulan kompetitif supaya dapat meningkatkan pengunjung situs e-commerce dan loyalitas dari pengguna.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terkait dengan variabel perceived reputation, perceived size, user interface quality, information quality, perceived security, perceived privacy, trust, dan satisfaction. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 400 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perceived reputation, perceived size, information quality, perceived security, perceived privacy terhadap trust, trust terhadap satisfaction, trust terhadap loyalty, dan satisfaction terhadap loyalty.

Published
2020-07-01