PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI BAPPEDA KABUPATEN BOJONEGORO

  • Etha Yulian Restanti Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Muninghar Muninghar Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi kerja, kepemimpinan, budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai di Bappeda Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan terhadap kepuasan kerja pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja, dan dari motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja.

Jenis penelitian ini explanatory research dan mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh pegawai di Bappeda Kabupaten Bojonegoro 34 orang. Sampel adalah ­­34 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang dipakai adalah regresi linier berganda (multiple regression)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan, budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai Bappeda Kabupaten Bojonegoro dalam kategori cukup baik dan motivasi Kerja dalam kategori baik. Motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Motivasi kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Kepuasan kerja.

Published
2020-05-19