PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN TRANSFORMASIONAL LEADERSHIP TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA PEGAWAI BAPPEDA BOJONEGORO

  • Kustaji Pascasarjana Universitas Wijaya Putra
  • C. Sri Hartati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Soenarmi Soenarmi Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Budaya Organisasi, Transformasional Leadership, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan budaya organisasi, transformasional leadership, kinerja pegawai dan kepuasan kerja di Bappeda Bojonegoro. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan transformasional leadership terhadap kepuasan kerja. Untuk menganalisis pengaruh secara langsung budaya organisasi, transformasional leadership, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Untuk menganalisis pengaruh tidak langsung budaya organisasi dan transformasional leadership terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan di Bappeda Bojonegoro.

Penelitian ini berjenis explanatory research dan berpendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh pegawai Bappeda Bojonegoro dengan jumlah pegawai sebanyak 34 orang. Sampel pada penelitian ini adalah sebesar 34 orang. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, budaya organisasi dalam kondisi cukup baik, transformasional leadership, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai dalam kondisi baik. Budaya Organisasi dan Transformasional leadership memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Transformasional leadership dan Kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya Organisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Transformasional leadership memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

Published
2020-05-19