ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LOCUS OF CONTROL, STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Taufik Isnanto Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Muninghar Muninghar Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Budaya Organisasi, Locus Of Control, Stress Kerja, Kinerja Pegawai, Kepuasan Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi budaya organisasi, locus of control, stress kerja, kinerja pegawai, dan kepuasan kerja. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, locus of control, dan stress kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, locus of control, stress kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, locus of control, dan stress kerja terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

Jenis penelitian ini explanatory research dan mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh pegawai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 67 orang. Sampel ditentukan secara total sampling sebanyak 67 orang. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya organisasi, locus of control, stress kerja, kinerja pegawai, dan kepuasan kerja semuanya dalam kondisi baik. Budaya organisasi dan locus of control memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Stress kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Budaya organisasi, locus of control, stress kerja, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai.  Budaya organisasi dan locus of control memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Stress kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

Published
2020-05-19