PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS PADA PEGAWAI PPL PNS DINAS PERTANIAN BOJONEGORO

  • Meritta Nurlia Sasanti Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Muninghar Muninghar Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komitmen, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan budaya organisasi, motivasi kerja, komitmen, dan kinerja pegawai PPL PNS Dinas Pertanian  Bojonegoro. Untuk mengetahuidan menganalisis pengaruh antara budaya organisasi, motivasikerja, dan komitmenterhadap kinerja pegawai PPL PNS Dinas Pertanian Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara budaya organisasi terhadap kinerja pegawai PPL PNS Dinas Pertanian Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai PPL PNS DinasPertanianBojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antarakomitmenterhadapkinerjapegawai PPL PNS DinasPertanianBojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis diantara budaya organisasi, motivasi kerja, dan komitmen yang paling berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai PPL PNS Dinas Pertanian Bojonegoro.

Jenis penelitian ini adalahexplanatory research dan Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Teknik análisis data denganuji validitas, ujireliabilitas dan análisis linier berganda.

Hasil penelitian ini adalah Budaya Organisasi dalam kondisi baik, Motivasi dalam kondisi baik, Komitmen dalam kondisi baik, dan Kinerja pegawai dalam kondisi baik.Budaya Organisasi, Motivasi, dan Komitmen Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Motivasi Kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Komitmen Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Komitmen organisasi memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

Published
2020-05-19