STRUKTUR ORGANISASI, DESAIN KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOJONEGORO

  • Nugroho Tri Handoko Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Muninghar Muninghar Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi, Produktivitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur organisasi, desain kerja, budaya organisasi dan produktivitas kerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh struktur organisasi, desain kerja dan budaya organisasi secara simultan terhadap produktivitas kerja pegawai. Pengaruh struktur organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Pengaruh desain kerja terhadap produktivitas kerja pegawai. Pengaruh budaya organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Variabel struktur organisasi, desain kerja dan budaya organisasi yang berpengaruh paling dominan terhadap produktivitas kerja pegawai.

Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research dan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro sebanyak 90 orang. sampel sebanyak 90 orang dengan teknik sensus sampling sehingga di dapatkan. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur Organisasi, budaya organisasi dan produktivitas pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dalam kategori baik, desain kerja dalam kondisi cukup baik. Struktur Organisasi, desain kerja dan budaya organisasi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas pegawai. Terdapat pengaruh yang signifikanstruktur organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Terdapat pengaruh yang signifikan desain kerja terhadap produktivitas kerja pegawai. Terdapat pengaruh yang signifikan budaya organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Struktur Organisasi mempunyai pengaruh paling dominan terhadap produktivitas pegawai.

Published
2020-05-19