ANALISIS PENDAPATAN PRODUK DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN PULSA TELEPON PADA PT.TELKOM DIVISI REGIONAL V SURABAYA

  • Etty Widawati STIE PEMUDA Surabaya
Keywords: Penggunaan Pulsa Telepon, Analisis Pendapatan Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek jumlah hari efektif (X1), pasang baru (X2), jumlah pelanggan aktif (X3), terhadap pendapatan produk pulsa di PT. Telkom Divre V Surabaya secara simultan maupun parsial, serta mengetahui variable yang paling dominan mempengaruhi pendapatan produk.jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sample time series bulanan 1 tahun pada bulan januari sampai desember tahun 2000.

Hasil uji validitas dengan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan Uji T dan sumbangan relatif. Sedangkan untuk pengujian masing-masing variable independen terhadap dependen secara parsial terbukti bahwa t hitung untuk X1 (jumlah hari efektif), X2 (pasang baru) tidak berpengaruh secara nyata, Untuk X3 (Jumlah pelanggan aktif) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan produk (Y).

Uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan (X1), (X2) dan (X3) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan produk pulsa (Y) dengan variable jumlah hari efektif (X1) memiliki pengaruh paling dominan. 

Published
2020-07-01