FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di BEI Periode 2018)

  • Siti Galuh Nurul Ihsan Telkom University
  • Willy Sri Yuliandhari Universitas Telkom
Keywords: Pengungkapan CSR, Return on Assets, Debt to Equity Ratio, Return Saham

Abstract

Return saham adalah hasil keuntungan yang diperoleh oleh investor dari suatu investasi yang dilakukan. Keuntungan ini dapat dilakukan dengan memberikan sinyal kepada pihak luar. Signaling dapat berupa laporan yang menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam satu periode yaitu laporan keuangan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR, ROA, dan DER terhadap return saham sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2018.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang dihasilkan sebanyak 54 sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR, ROA, dan DER berpengaruh secara simultan terhadap return saham. Secara parsial, pengungkapan CSR dan ROA tidak berpengaruh terhadap return saham, sedangkan DER berpengaruh negatif terhadap return saham.

Published
2020-08-04