ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA USAHA RINTISAN (STUDI PADA KEDAI KOPI KOALA PERIODE NOVEMBER 2018 – FEBRUARI 2020)

  • Nicolas Irman Pratama Universitas Telkom
  • Muhammad Azhari Universitas Telkom
Keywords: Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Aktivitas, Analisis Deskriptif, Analisis Trendline, Analisis Horizontal

Abstract

Manfaat kinerja keuangan bagi usaha rintisan adalah untuk mengukur prestasi yang diperoleh usaha rintisan untuk menilai pencapaian, sebagai dasar penentuan strategi masa yang akan datang dan sebagai petunjuk pengambilan keputusan seperti penanaman modal untuk meningkatkan produktivitas usaha rintisan dan efisiensi biaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan dari Kedai Kopi Koala studi pada Koala november 2018 – Februari 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis trendline dan analisis horizontal.

Hasil penelitian menunjukan perkembangan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas Kedai Kopi Koala pada periode November 2018 – Februari 2020 mengalami kecenderungan peningkatan artinya semakin baiknya kinerja keuangan dalam usaha rintisan Kedai Kopi Koala. Berdasarkan analisis horizontal cenderung lebih besar dibanding pesaing artinya Kedai Kopi Koala lebih baik dalam mengelolah usaha rintisannya.

Published
2020-08-27