ANALISIS TINGKAT ADOPSI LAYANAN PERBANKAN DIGITAL MENGGUNAKAN TEORI DIFUSI INOVASI (Objek Studi: Jenius oleh Bank BTPN di Kota Bandung dan Jakarta)

  • Athifah Nadya Akmalia Telkom University
  • Brady Rikumahu Universitas Telkom
Keywords: Adopsi Inovasi Teknologi, Layanan Perbankan Digital, Teori Difusi Inovasi

Abstract

Teknologi yang terus mengalami perkembangan mendorong berbagai industri untuk melakukan transformasi menuju era digital, salah satu diantaranya ialah industri perbankan. Saat ini, industri perbankan di Indonesia telah menghadirkan layanan perbankan digital, salah satunya ialah Jenius oleh Bank BTPN. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam tingkat adopsi Jenius di Kota Bandung dan Jakarta dengan menggunakan model penelitian Diffusion of Innovation Theory. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif serta menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan observability memiliki pengaruh positif signifikan, kemudian complexity dan perceived risk memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap tingkat adopsi layanan perbankan digital Jenius di Kota Bandung dan Jakarta. Sedangkan trialability tidak memiliki pengaruh positif signifikan. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi penelitian selanjutnya dan bagi Jenius agar dapat mengembangkan dan meningkatkan layanannya.

 

Published
2020-08-27