ANALISIS PENILAIAN KESEHATAN BANK BERBASIS RGEC TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2018)

  • Media Labita Universitas Telkom
  • Siska Priyandani Yudowati Universitas Telkom
Keywords: CAR, Financial Distress, KI, NPL, ROA, Tingkat Kesehatan Bank

Abstract

Naiknya kredit macet atau aset bermasalah secara terus menerus dapat menjadi salah satu penyebab sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan. Agar perusahaan dapat mengatasi kondisi financial distress, maka perlu adanya penilaian terhadap tingkat kesehatan bank yaitu dengan RGEC.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan, Proporsi Komisaris Independen, Return On Asset, dan Capital Adequancy Ratio terhadap Financial Distress baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 165 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Non Performing Loan, Proporsi Komisaris Independen, Return On Asset, dan Capital Adequancy Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Secara parsial, variabel Non Performing Loan, dan Proporsi Komisaris Independen tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Sedangkan variabel Return On Asset, dan Capital Adequancy Ratio memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Financial Distress.

Published
2020-08-27