PENGARUH WEBSITE QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN DIMENSI SHOPPING VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen E-commerce Shopee)

  • Aina Kemala Dewi Universitas Telkom
  • Indira Rachmawati Universitas Telkom
Keywords: E-commerce, Kualitas Website, Nilai Belanja, Pembelian Impulsif, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh website quality terhadap impulse buying pada konsumen e-commerce Shopee di Indonesia dengan dimensi shopping value sebagai variabel mediasi yang terdiri dari hedonic value dan utilitarian value.  Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari konsumen yang pernah menggunakan dan melakukan transaksi minimal sekali pada website e-commerce Shopee, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 385 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan menggunakan program SPSS versi 20 dan perhitungan Uji Sobel untuk melihat adanya pengaruh mediasi.

Hasil penelitian menunjukan pengaruh website quality terhadap impulse buying berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 5,129 > 1,966, pengaruh website quality terhadap dimensi shopping value berpengaruh signifikan secara parsial dengan t hitung 17,812 > 1,966, pengaruh dimensi shopping value terhadap impulse buying berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 8,964 > 1,966. Serta dimensi shopping value memiliki pengaruh mediasi pada website quality terhadap impulse buying.

Published
2020-10-01